Tips Wawancara Kerja Sukses: Terapkan Berbagai Hal Berikut

Wawancara kerja merupakan hal yang penting bagi sebagian besar orang. Apakah Anda salah satunya? Pastikan memperhatikan tips wawancara kerja dan cara interview kerja yang baik agar diterima.

Sebenarnya tidak susah, namun pastikan Anda tidak menyepelekannya. Apalagi bagi seorang fresh graduate yang baru pertama kali mencicipi ruang interview. Jadi perhatikan dengan baik penjelasan mengenai tips wawancara kerja yang sukses berikut ini:

6 Tips Wawancara Kerja Sukses

Berikut adalah beberapa tips wawancara kerja serta pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan jawabannya. Pastikan mempelajari dan menyimaknya dengan detail ya…

Ceritakan Diri dan Kemampuan Anda Secara Antusias

Menceritakan mengenai diri sendiri merupakan pertanyaan interview kerja yang biasanya muncul pertama kali. Pastikan Anda memperlihatkan rasa antusias ketika menjawabnya. Jawab dengan menunjukkan semangat untuk melakukan interview kerja di PT tersebut.

Mulailah memperkenalkan diri Anda dan biodata diri lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk menceritakan kelebihan serta pencapaian yang sudah Anda miliki.

Tampillah dengan percaya diri. Jangan menjawab dengan seadanya atau tanpa semangat. Tatap mata pewawancara untuk semakin meyakinkan mereka atas kepercayaan diri dan antusias Anda.

Jangan Muluk-Muluk Ketika Menjawab

Tips wawancara kerja fresh graduate yang mungkin perlu kalian ketahui adalah jangan muluk-muluk ketika menjawab. Jawab dengan singkat, padat dan jelas.

Jika diminta bercerita mengenai pengalaman dan kemampuan yang Anda miliki, pastikan menceritakan yang ada hubungannya dengan posisi yang akan dilamar.

Tips satu ini ditekankan kepada fresh graduate karena biasanya mereka terlalu bersemangat ketika melakukan interview. Jadi seluruh pengalaman, kemampuan saat berada di kampus mereka ceritakan. Padahal terkadang HRD tidak memperlukan hal itu, justru Anda akan dicap sombong atau tidak rendah hati.

Namun bagi Anda yang bekerja sebelumnya pasti sudah mengetahui tips ini. Anda bisa ceritakan pengalaman kerja sebelumnya dan apa hubungannya dengan pekerjaan yang akan Anda lamar saat ini.

Berikan Solusi Pada Setiap Kekurangan Anda

Tips wawancara kerja dan jawabannya selanjutnya yaitu ketika HRD bertanya mengenai kekurangan Anda. Kira-kira bagaimana Anda akan menjawabnya? Menutupi-nutupi kekurangan? Atau mengatakan kekurangan dengan apa adanya?

Sebenarnya jawabannya cukup mudah. Anda hanya perlu menjawab kekurangan yang ada pada diri dengan apa adanya. Hal ini karena HRD juga sadar bahwa tidak ada manusia yang sempurna, justru mereka akan semakin heran apabila Anda tidak memiliki kekurangan.

Namun yang terpenting dalam menjawab pertanyaan ini adalah solusi yang Anda berikan. Pastikan memberikan solusi atas setiap kekurangan Anda. Misalnya Anda mudah menjadi badmood, maka contoh solusinya adalah memberi jeda atas pekerjaan dan menenangkan diri sejenak.

Riset Terlebih Dahulu Perusahaan dan Posisi yang akan Anda Lamar

HRD akan lebih menyukai mereka yang sudah melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum interview kerja. Jadi pastikan Anda melakukan riset mengenai perusahaan dan posisi yang akan dilamar. Riset tersebut meliputi:
• Pengetahuan dasar mengenai bidang perusahaan bergerak
• Detail posisi yang akan Anda lamar
• Gaji rata-rata
• Budaya perusahaan
Dan masih banyak lagi

Hal ini akan membantu Anda untuk menjawab pertanyaan interview kerja. Misalnya tips wawancara kerja saat ditanya gaji salah satunya yaitu menjawab rata-rata gaji pada perusahaan dan posisi ini. Jika sudah riset sebelumnya, tentu Anda pasti mudah menjawabnya.

Selain itu, biasanya HRD akan menanyakan pengetahuan Anda mengenai perusahaan tersebut. Seberapa besar pengetahuan Anda akan menandakan semakin niat pula Anda untuk diterima berkerja di sana.

Penutup

Jadi itu adalah beberapa tips wawancara kerja serta pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya. Pastikan Anda benar-benar menerapkannya agar sukses ketika wawancara. Tetap semangat, semoga berhasil!

Next Post Previous Post